Secara general peranan sekretaris
menyangkut :
1. Terhadap atasan :
·
Sumber dan filter informasi bagi pimpinan, dalam memenuhi fungsi, tugas dan
tanggung jawab.
·
Assiten/tangan kanan pimpinan dalam mengatur aktivitas perusahaan. Mulai dari
administrative sampai human relations.
·
Perantara bagi pimpinan dan pihak-pihak yang ingin berhubungan dengan pimpinan.
·
Alternatif pemikiran dari pimpinan dalam hal penuangan ide-ide.
· Secret
Keeper/pemegang rahasia pimpinan kaitannya dnegan tugas perusahaan.
·
Mediator pimpinan dengan bawahan.
2. Terhadap bawahan/karyawan :
·
Membantu memberikan motivasi kepada karyawan lain.
·
Mediator antara bahawan/karyawan dengan pimpinan.
·
Membantu/memfasilitasi bawahan ketika hendak bertemu dengan pimpinan.
·
Memberikan rasa puas dan bangga kepada bawahan terhadap hasil kerja mereka.
II. TUGAS SEKRETARIS
1. Berdasarkan ruang lingkup
tugas sekretaris dikelompokkan menjadi 8 (delapan) yaitu:
a. Tugas-tugas Rutin
Yaitu tugas-tugas yang dikerjakan setiap hari tanpa
perintah. Tugas ini meliputi:
§ Membuka
surat.
§ Menerima
dikte.
§ Menerima
tamu.
§ Menerima
telepon.
§ Menyimpan
arsip/surat.
§ Menyusun
dan membuat jadwal kegiatan pimpinan.
§
Pengetikan
§
making appointment
§
pengaturan keuangan
§
persiapan dan penyelenggaraan rapat
§
arrange schedule.
b. Tugas-tugas Khusus
Yaitu tugas yang diperintahkan langsung oleh
pimpinan kepada sekretaris dengan penyelesaiannya secara khusus. Tugas ini
diberikan karena adanya unsur kepercayaan bahwa tugas sekretaris mampu
menyimpan rahasia perusahaan. Tugas ini meliputi:
§ Mengonsep
surat perjanjian kerjasama dengan relasi atau instansi luar.
§ Menyusun
surat rahasia (confidential).
§ Menyusun
acara pertemuan bisnis.
§ Pembelian
kado atau cindera mata.
§ Dan
lain-lain.
c. Tugas-tugas istimewa
Yaitu tugas yang menyangkut keperluan pimpinan,
antara lain:
§ Membetulkan
letak atau posisi alat tulis pimpinan serta perlengkapan yang diperlukan.
§ Bertindak
sebagai penghubung untuk meneruskan informasi kepada relasi.
§ Mewakili
seseorang menerima sumbangan untuk dana atau keperluan kegiatan lainnya.
§ Mengingatkan
pimpinan membayar iuran atau asuransi dari suatu badan atau instansi.
§ Memeriksa
hasil pengumpulan dana atau uang muka dari instansi yang diberikan sebagai dana
kesejahteraan.
§ Menghadiri
rapat-rapat dinas, sebagai pendamping pimpinan selama mengadakan pertemuan
bisnis.
§ Mengadakan
pemeriksaan peralatan kantor, mana yang perlu diperbaiki dan mana yang tidak
perlu diperbaiki atau penambahan alat-alat dan sarana kantor.
d. Tugas Sosial
Tugas sosial, meliputi:
§ Mengurusi
Rumah tangga kantor.
§ Mengatur
penyelenggaraan resepsi untuk kantor pimpinan beserta pengurusan undangannya.
e. Tugas Keuangan
Biasanya sekretaris mengurusi keuangan yang dinamakan petty cash (uang
cadangan/kas kecil). Tugas keuangan ini antara lain:
§ Menangani
urusan keuangan pimpinan di Bank, misalnya: penyampaian penyimpanan uang di
Bank, penarikan cek, pengambilan uang dari Bank.
§ Membayar
rekening-rekening, pajak, sumbangan dana atas nama pimpinan.
§ Menyimpan
catatan pengeluaran sehari-hari untuk pimpinan dan penyediaan dana untuk
keperluan sehari-hari.
f. Tugas Resepsionis
Tugas sekretaris sebagai resepsionis, yaitu:
1. Menerima dan menjawab telepon serta mencatat
pesan-pesan lewat telepon.
2. Menerima tamu yang akan bertemu dengan pimpinan.
3. Mencatat janji-janji untuk pimpinan.
4. Menyusun acara kerja sehari-hari pimpinan.
g. Tugas insidental
Tugas ini merupakan pekerjaan yang tidak rutin
dilakukan oleh sekretaris meliputi:
§ Menyiapkan
agenda rapat, menyiapkan laporan,
menyiapkan pidato atau pernyataan pimpinan.
§ Membuat
ikhtisar dari berita-berita dan karangan yang termuat dalam surat kabar,
majalah, brosur, dan media-media lain yang ada kaitannya dengan kepentingan
perusahaan.
§ Mengoreksi
bahan-bahan cetakan, misal: brosur, undangan, formulir, dan daftar yang
dikonsep oleh perusahaan.
§ Mewakili
pimpinan dalam berbagai resepsi atau pertemuan.
h. Tugas sekretaris dalam Business
Meeting (pertemuan bisnis)
Pertemuan bisnis (Business Meeting)
ini terjadi ketika dua orang atau lebih saling menerima dan memberi sesuatu
berupa informasi, menyimak kembali kemajuan, memecahkan masalah dan menciptakan
yang baru. Tugas inilah yang cukup berat dan melelahkan bagi sekretaris untuk
mengorganisir pertemuan-pertemuan tersebut.
2. Berdasarkan pendapat para
pakar ahli mengenai tugas sekretaris adalah sebagai berikut:
a. Menurut H. Donald
Menyatakan bahwa hal-hal kedudukan
pimpinan dan situasi organisasi perusahaan akan menentukan sebagian besar
tugas-tugas sekretaris. Hal-hal yang dimaksud adalah:
1. Menyalin atau mengisi transkrip dari stenografi
atau warkat-warkat dari mesin dikte.
2. Membuat catatan pertemuan, menyusun dan
memelihara arsip khusus.
3. Menyelesaikan urusan apapun dari masalah pribadi pimpinan
yang diminati, dan lain-lain.
b. Menurut M. Braum dan
Ramon C. dari Portugal
Tugas dan tanggung jawab sekretaris
tidaklah sama persis tetapi dapat dikelompokkan sebagai berikut:
1. Merencanakan pekerjaan.
2. Menerima tamu.
3. Mengurus surat masuk dan surat keluar.
4. Menyiapkan pertemuan atau konferensi, dan
lain-lain.
1 komentar:
What is the Difference Between Baccarat and Roulette?
When playing against roulette, you want to take the least amount of chips in order worrione to win. 카지노사이트 Most 메리트 카지노 고객센터 roulette games are played with 1 or 2 people.
Posting Komentar